Senin, 04 Maret 2013

skripsi

Judul Skripsi:
Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Muskuloskeletal pada Upper Limb Extremities Mahasiswa Ketika Proses Belajar Mengajar di Kelas di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2012

Waktu Penelitian:
September – Oktober tahun 2012

Desain Penelitian:
Cross Sectional

Abstrak:
Keluhan muskuloskeletal dapat terjadi ketika otot atau rangka menerima beban dengan postur statis atau pekerjaan yang dilakukan secara berulang dan pekerjaan tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama serta melebihi kemampuan yang dimiliki oleh individu tersebut. Pekerjaan yang dilakukan oleh mahasiswa ketika proses belajar mengajar di kelas cenderung dengan postur statis, sehingga mungkin untuk terjadi keluhan muskuloskeletal pada mahasiswa.

Penelitian yang menggunakan desain cross sectional ini dilakukan pada bulan September – Oktober di gedung FKIK UIN Jakarta. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa FKIK dan sampelnya adalah mahasiswa semester 5 yang masih aktif kuliah sebanyak 107 orang. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan data primer dan data sekunder yang kemudian diolah untuk dianalisis.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar responden merasakan keluhan muskuloskeletal (72,9%), keluhan terbanyak dirasakan oleh responden adalah pada bagian pantat dan punggung (56,07%,), pinggang (51,40%) dan keluhan pada leher (50,48%). Faktor yang berhubungan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu tingkat risiko ergonomi, antropometri no 14 dan kesegaran jasmani.

Masukan yang diberikan oleh peneliti untuk FKIK UIN Jakarta yaitu dengan menggunakan kursi yang lebih rendah sesuai dengan antropometri mahasiswa, merubah sudut sandaran kursi menjadi 100º-110º, menggunakan kursi yang menopang seluruh bagian punggung, merubah sudut kemiringan alas menjadi 3º-5º dan menggunakan alas dan sandaran kursi yang dilapisi oleh lapisan lunak. Masukan untuk mahasiswa yaitu agar rutin olahraga dan mengganti posisi duduk berkala sebelum keluhan dirasakan.

untuk download full text, klik >> disini << ya, terima kasih

Tidak ada komentar: